HOME

Sabtu, 21 April 2012

6 Permainan Indonesia yang Hampir Terlupakan



                Indonesia adalah negara yang memilike banyak sekali permainan-permainan yang unik di seluruh daerahnya. Namun akibat perkembangan zaman permainan-permainan yang asli dari Indonesia tersebut banyak yang hampir punah gan T_T, yup ! bener banget sekarang anak jaman sekarang  lebih memilih permainan yang berbau tekhnologi(hehehe kayanya saya juga termasuk) namun ada baiknya kita mengenal permainan asli dari Indonesia dan tetap menjaga dan melestarikan permainan itu agar tidak punah.


1.GALASIN
                Galasin adalah permainan dari Indonesia yang cukup banyak orang yang menyukai nya. Cara permainan nya adalah terdapat 2 kelompok yang masing-masing terdiri dari 3-5 orang dimana salah satu kelompok menjaga agar kelompok lain tidak masuk kedalam wilayah nya, intinya kelompok yang menjaga, menjaga agar pertahanan nya tidak jebol oleh kelompok lain.Kelompok yang berjaga menjaga setiap daerah nya dengan anggota2 nya dan jika kelompok lawan ada yang terkena oleh orang yang menjaga nya maka pertukaran posisi antara kelompok yang awalnya menjaga jadi membobol dan kebalikannya.Permainan ini membutukan kekompakan, kelincahan, dan kecepatan.Sayangnya permainan ini sudah mulai ditinggalkan oleh anak-anak jaman sekarang

2.Congklak



                Congklak adalah permaianan yang menggunakan sebuah papan yang berlubang-lubang dan beberapa biji.Cara permainan ini adalah menentukan biji siapa yang paling banyak di lubang utama papan congklak tersebut.Biasanya congklak dikagumi oleh kalangan anak perempuan tapi tidak jarang juga anak cowok yang suka permainan ini.Congklak juga salah satu permainan Indonesia yang hampir punah.

3.Petak Umpet

                Petak umpet permainan ini adalah permainan yang cukup banyak orang mengetahui nya.Permainan ini dimainkan lebih dari 1-2 orang , cara permainan ini adalah dimana salah 1 orang menjadi kucing atau orang yang bertugas untuk mencari sisa-sisa pemain lain yang bersembunyi.Biasanya untuk menentukan kucing dengan cara orang-orang yang telah di temukan berbaris secara acak dan kucing yang sebelunya menentukan angka urutan barisan itu, angka barisan yang disebut oleh kucing akan menjadi kucingnya.Walau banyak orang yang mengetahui permainan ini sudah mulai banyak orang yang meninggalkan nya karena era globalisasi.

4.Gasing

                Gasing adalah permainan yang menggunakan sejenis kayu yang diputar dan diadu.Gasing setiap daerah berbeda dari ukuran, bentuk, dan motif nya.Gasing jaman sekarang malah lebih modern gan kalian tau kan tentang beyblade, sip benar sekali beyblade juga adalah gasing modern pada jaman sekarang.Karena itulah banyak anak-anak yang memilih gasing modern daripada gasing yang terbuat dari daerah nya sendiri wkwkwk sedih nya.

5.Kelereng

                Kelereng adalah biji-biji bulat yang memiliki motif yang cukup indah menurut ane.Kelereng dimainkan dengan cara mengadukan nya.Banyak versi-versi permainana kelereng di setiap daerah nya. Namun sekarang sudah cukup sulit melihat anak-anak yang bermain kelereng lagi.Apakah kelereng akan punah ???

6.Egrang

                Salah satu permainan dari Indonesia adalah egrang, permainan ini adalah permainan yang menggunakan bambu tinggi dan pemain nya menaiki bambu dan mengadu kecepatan berjalan dengan menggunakan bembu tersebut.Tingkat kesulitan permainan ini cukup culit (jujur waktu saya coba bener-bener susah )tapi jika kita telah terlatih permainan ini sangat menyenangkan.


0 komentar:

Posting Komentar

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9


:b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: