HOME

Sabtu, 07 April 2012

Karpet Pak Haji

kalo di sumatra yang namanya Kiyai disebut Labai,,,
tugas Labai ini mirip ulama NU di Jawa deh... termasuk mimpin tahlilan ataw sukuran.. 
So pastinya Labai jadi orang yang disegani di sana 

kebetulan di salah satu kampung ada orang yang baru naik haji,, terus dia ngadain sukuran.. yang pastinya dipimpin sama seorang Labai terkenal di kampungnya

untuk adat sumatera, kalo ada syukuran,, orang pada makan2 dulu  baru pada baca doa/tahlilan (kebalik ya sama adat di jawa?)

nah kebetulan hari itu si Pak Labai kebanyakan makannya... jadi sakit perutnya (pengen BAB).. 
tapi karena tugasnya mimpin doa.. jadi setelah makan, dia ga da kesempatan buat kebelakang.. 
terpaksa deh.. dia tetep mimpin doa sambil nahan mules... 

cuma.. karena kelamaan mimpin doa,, jadilah Pak Labai ga kuat nahan arus bawah (pengen BAB) 

akhirnya walau sambil mimpin doa, dia terpaksa juga BAB di tempat  karena ngga nahannya (doa sukurannya lesehan di lantai gan,, kaya di jawa)

tapi sambil duduk bersila Pak Labai tetep kalem aja mimpin doa 

selesai doa,, para tamu kan satu persatu pada pulang..
sampai akhirnya tinggal Pak Labai sendiri yang masih duduk bersila di lantai.. sambil mikirin gimana caranya biar ga malu ketahuan BAB di ruang tamu tuan rumah...  

tuan rumah yang baru naik haji terus nyamperin tuh Pak Labai.

Pak Haji = Tuan Rumah
Labai = Pak Labai 


Pak Haji: terima kasih ya Labai... 
Labai : Sama-sama... omong-omong.. ente punya karpet bagus banget nih....!!
Pak Haji: iya labai.. kebetulan ane bawa dari mekkah (kan pulang naik haji).. oiya,,, Labai.. ini ada sedikit buat Labai (sambil pengen nyelipin amplop ke tangan Labai)
Labai : wah,,, ga usah repot-repot... cuma ane naksir nih sama karpet ente... kalo ane bawa karpet ente boleh ya? 
Pak Haji: wah... jangan Labai,, ane cuma beli satu karpet.. kalo Labai mau nanti ane pesenin karpet ke temen ane di Irak.
Labai : wah,, ane gak mau dari irak,, ane mau yang dari mekah, yang dibawa sama orang baru pulang naik Haji... ataw kalo ngga, ane minta karpet yang ane dudukin aja deh... segini aja..(sambil jarinya bikin lingkaran ngelilingi tempat dia duduk) digunting juga boleh... 
Pak Haji : Jangan Labai.. 
Labai : wah,, ente jangan pelit donk sama ane..  kalo ini karpet ngga ente kasih.. ane berakin nih karpet..
Pak Haji : wah.. jangan Labai.. ini amplopnya ane tambah deh... 
Labai : yah... kalo begitu.. ane berakin nih karpet.. 
Pak Haji : jangan dong Labai...  
Labai : yah ... tu kan.. jadi juga ane berakin nih karpet!! brroott.  (sambil ngeluarin sisa-sisa yang belum sempet keluar) 
Pak Haji : ......    

0 komentar:

Posting Komentar

:k1 :k2 :k3 :k4 :k5 :k6 :k7 :k8 :k9 :a1 :a2 :a3 :a4 :a5 :a6 :a7 :a8 :a9


:b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: